PTS untuk PKN kelas 10
Nama :
Kelas :
Assalammu'Alaikum Wr.Wb.
1. Di bawah ini yang merupakan bentuk partisipasi terhadap konstitusi negara yang diterapkan dalam lingkungan sekolah, kecuali…
A. taat dan patuh terhadap tata tertib sekolah
B. melaksanakan program kegiatan OSIS dengan baik
C. mengembangkan sikap sadar dan rasional
D. melaksanakan hasil keputusan bersama
E. taat dan patuh terhadap orang tua
2. Sebagai sumber nilai, Pancasila memiliki makna ....
A. sumber moral bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
B. nilai-nilai setiap sila mengikat masyarakat tertentu
C. menjadi sumber yang harus dikembangkan
D. nilai-nilai pancasila dapat berubah-ubah
E. tiap-tiap nilai diyakini kebenarannya
3. Wujud partisipasi terhadap konstitusi negara dapat dimulai dari….
A. Negara
B. diri sendiri
C. pemerintah
D. keluarga
E. masyarakat
4. Makna yang terkandung dalam Sila Persatuan Indonesia adalah ....
A. mengakui hakikat adil berupa pemenuhan segala sesuatu yang berhubungan dengan hak dalam hubungan hidup kemanusiaan
B. menjunjung dan mengakui adanya rakyat yang meliputi keseluruhan jumlah semua orang warga dalam lingkungan daerah atau negara tertentu yang segala sesuatunya berasal dari rakyat dilaksanakan oleh rakyat dan diperuntukkan untuk rakyat
C. berupa pengakuan terhadap hakikat satu yang secara mutlak tidak dapat dibagi sehingga seluruhnya merupakan suatu keseluruhan dan keutuhan
D. manusia memiliki hakikat pribadi yang monopluralis terdiri atas susunan kodrat jiwa raga, serta berkedudukan sebagai makhluk pribadi yang berdiri sendiri dan makhluk Tuhan Yang Maha Esa
E. menunjukkan bahwa Tuhan adalah sebab pertama dari segala sesuatu, Yang Maha Esa, dan segala sesuatu bergantung kepada-Nya
5. Bhinneka Tunggal Ika dapat menjadi instrumen mewujudkan persatuan dan kesatuan. Hal tersebut karena Bhinneka Tunggal Ika ....
A. mampu menghadapi tantangan
B. memuat nilai historis terkait keberadaan kerajaan-kerajaan di nusantara
C. dibuat oleh para cendikiawan untuk mewujudkan Indonesia merdeka
D. mempunyai nilai filosofis untuk menyatukan Bangsa Indonesia
E. hanya dimiliki dan diyakini oleh Bangsa Indonesia
6. Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri atas 13.466 pulau. Pemerintah harus memberikan keperhatian kepada semua masyarkat yang berada di setiap penjuru tanah air, terutama yang tinggal di pulau-pulau terdepan. Inti uraian tersebut sesuai asas Wawasan Nusantara yaitu....
A. Solidaritas
B. Kejujuran
C. Keadilan
D. Kepentingan yang sama
E. Konsensus untuk menjadi satu bangsa
7. Sumber dari segala sumber hukum di Indonesia adalah….
A. UUD 1945
B. TAP MPR
C. Peraturan Pemerintah
D. Pancasila
E. Undang-undang
8. Warganegara yang baik adalah warganegara yang dapat menggunakan haknya secara bertanggung jawab untuk….
A. kemanusiaan
B. pamer
C. kemasyarakatan
D. persatuan
E. kekeluargaan
9. Berikut kewajiban sebagai warganegara Indonesia, kecuali….
A. menjaga dan melestarikan lingkungan
B. hak memperoleh pendidikan dan pengajaran
C. hidup rukun dengan sesame
D. membayara pajak
E. patuh, taat dan menjalankan segala peraturan dan undang-undang yang berlaku
10. Berikut cara-cara memperoleh kewarganegaraan Indonesia, kecuali….
A. kelahiran
B. kematian
C. pernikahan
D. pengangkatan
E. permohonan kewarganegaraan
11. Lembaga negara yang ada setelah perubahan UUD 1945 yaitu ….
A. Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi
B. Dewan Perwakilan Rakyat dan Mahkamah Agung
C. Mahlamah Konstitusi dan Dewan Perwakilan Daerah
D. Komisi Yudisial dan Badan Pemeriksa Keuangan
E. Majelis Permusyawaratan Rakyat dan Dewan Perwakilan Daerah
12. Contoh pelaksanaan kekuasaan yudikatif yang dilakukan oleh Mahkamah Agung yaitu ….
A. mengadili semua perkara pada tingkat kasasi
B. menyelenggarakan peradilan pidana
C. memberhentikan presiden dan wakil presiden
D. menguji Undang-undang terhadap Undang-undang Dasar
E. menguji peraruran pemerintah terhadap Undang-undang Dasar
13. Salah satu bentuk pengamalan yang terkandung dari pokok pikiran ke-3 Pembukaan UUD Negara RI Tahun 1945adalah ....
a. tidak melakukan diskriminasi dengan bersikap merendahkan harkat orang lain
b. mendukung terwujudnya sistem pemerintahan negara berdasarkan kedaulatan rakyat
c. keteguhan bangsa Indonesia dalam membela kemerdekaan melawan penjajah dalam segala bentuk
d. belajar dengan tekun sebagai dukungan untuk terwujudnya tujuan negara, mencerdaskan kehidupan bangsa
e. memahami bahwa kemerdekaan bukanlah akhir perjuangan, tetapi harus di isi dengan mewujudkan negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur
14. Berikut ini yang merupakan salah satu kewenangan Mahkamah Agung, yaitu ....
a. memberikan pertimbangan hukum kepada Presiden dalam pemberian ataupun penolakan grasi
b. memeriksa dan memutus perkara tingkat pertama dan terakhir yang bersifat final dan meningkat
c. mengeksekusi pihak–pihak yang kalah dalam berperkara di pengadilan negeri dan pengadilan tinggi
d. memeriksa dan memutus perselisihan hasil pemilihan Presiden/wakil Presiden secara langsung
e. memeriksa dan memutus perselisihan antarlembaga yang tidak dapat diganggu gugat
15. Makna yang terkandung dalam Sila Kemanusiaan yang adil dan beradab adalah ....
A. mengakui hakikat adil berupa pemenuhan segala sesuatu yang berhubungan dengan hak dalam hubungan hidup kemanusiaan
B. menjunjung dan mengakui adanya rakyat yang meliputi keseluruhan jumlah semua orang warga dalam lingkungan daerah atau negara tertentu yang segala sesuatunya berasal dari rakyat dilaksnakan oleh rakyat dan diperuntukkan untuk rakyat
C. berupa pengakuan terhadap hakikat satu yang secara mutlak tidak dapat dibagi sehingga seluruhnya merupakan suatu keseluruhan dan keutuhan
D. manusia memiliki hakikat pribadi yang monopluralis terdiri atas susunan kodrat jiwa raga, serta berkedudukan sebagai makhluk pribadi yang berdiri sendiri dan makhluk Tuhan Yang Maha Esa
E. menunjukkan bahwa Tuhan adalah sebab pertama dari segala sesuatu, Yang Maha Esa, dan segala sesuatu bergantung kepada-Nya
16. Semangat kebangsaan dapat diterapkan dengan cara keteladanan, pewarisan, dan ketokohan. Yang dimaksud keteladanan adalah ....
A. sosok yg terkenal dan disegani karena pangaruhnya sangat besar di masyarakat
B. merupakan cara atau proses dalam menu-runkan, memberikan sesuatu kepada pihak lain
C. merupakan sikap dan perilaku yang patut dicontoh karena perkataan dan perbuatan
D. kegiatan tertentu yang baik dan bermanfaat bagi rakyat
E. pengetahuan tentang sejarah bangsa dan sepak terjang pahlawan
17. Bhinneka Tunggal Ika dapat menjadi instrumen mewujudkan persatuan dan kesatuan. Hal tersebut karena Bhinneka Tunggal Ika ....
A. mampu menghadapi tantangan
B. memuat nilai historis terkait keberadaan kerajaan-kerajaan di nusantara
C. dibuat oleh para cendikiawan untuk mewujudkan Indonesia merdeka
D. mempunyai nilai filosofis untuk menyatukan Bangsa Indonesia
E. hanya dimiliki dan diyakini oleh Bangsa Indonesia
18. Perhatikan macam-macam kekuasaan berikut :
1. Yudikatif
2. eksekutif
3. legislatif
4. federatif
5. konstitutif
6. moneter
Pemisahan kekuasaan menurut John Locke ditunjukkan oleh nomor ….
A . 1, 2, dan 4
B . 1, 4 dan 5
C . 2, 3, dan 4
D . 2, 4 dan 6
E . 3, 5 dan 6
19. Terdapat perbedaan pada struktur pemerintahan pada UUD 1945 sebelum dan setelah perubahan. Perbedaan diantara keduanya ditunjukkan oleh pernyataan ….
A. kedudukan DPA sebagai lembaga negara dihapuskan diganti dengan DPD
B. kedudukan MPR dari lembaga tinggi negara menjadi lembaga tertinggi negara
C. kedudukan DPR dari lembaga tinggi negara menjadi lembaga tertinggi negara
D. kedudukan DPR dari lembaga tertinggi negara menjadi setara dengan lembaga lainnya
E. kedudukan MPR dari lembaga tertinggi negara menjadi setara dengan lembaga lainnya
20. Contoh pelaksanaan kekuasaan yudikatif yang dilakukan oleh Mahkamah Konstitusi yaitu ….
A. memilih anggota Komisi Yudisial
B. menyelenggarakan peradilan pidana
C. memberhentikan presiden dan wakil presiden
D. menguji undang-undang terhadap undang-undang dasar
E. menguji peraruran pemerintah terhadap undang-undang
Jawaban dikirim melalu email
ikaganjarr@gmail.com untuk WA saya dihitung sebagai penilaian.
0 komentar:
Posting Komentar